Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Blogger news

Blogroll

Blogger templates

RSS

pemeliharaan tanaman salam


Pemeliharaan tanaman salam (Syzygium polyanthum) yang merupakan tanaman herbal dilakukan terutama adalah membersihkan tanaman liar atau gulma, pencegahan dan pemberantasan hama dan penyakit tanaman, serta pemupukan tanaman agar tanaman salam dapat menghasilkan produk herbal   yang sehat dan baik.
Pembersihan gulma dilakukan dilokasi lahan sebelum untuk penanamn, maupun secara berkala dengan membersihkan semak-semak dan tanaman liar yang tumbuh, karena akan menghambat pertumbuhan tanaman kalau tidak dibersihkan. Lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk organik yang baik untuk lingkungan dan pertumbuhan tanaman. Memangkas tanaman agar dapat tumbuh cabang-cabang tanaman yang banyak, karena dengan banyak cabang berarti menjadi banyak daun yang tumbuh, sehingga panen produk herbal berupa daun salam akan berlimpah.
Tanaman salam merupakan jenis tanaman tanaman herbal yang sehat daunnya, terbebas dari hama dan penyakit tanaman. Hama dan penyakit tanaman salam yang umum ditemukan adalah kutu (Trioza Alacris). Kutu ini menyerang batang dan daun tanaman salam dengan cara mengisap getahnya dengan gejala pertama yang timbul adalah daun dibagian pinggirnya mengeriting, kemudian menjadi kekuningan, selanjutnya menjadi cokelat, akhirnya jatuh.
Walaupun serangan kutu ini sering tidak fatal, tetapi akan melemahkan tanaman, sehingga membuka jalan untuk terjangkitnya hama dan penyakit lainnya. Oleh karena itu pembersihan tanaman liar dan penyiraman diperlukan. Penyemprotan dengan pestisida sesuai keperluan dengan menggunakan pestisida yang direkomendasikan.
Untuk menjadikan tanaman yang produktif, menghasilkan obat herbal yang baik, bebas residu, maka pemupukan menggunakan pupuk organik. Pemupukan untuk pemeliharaan dilakukan pada tahun pertama dan setiap tahun selanjutnya menggunakan pupuk kandang atau kompos yang matang dan baik agar pertumbuhan tanaman menjadi lebih baiak dan subur.  Pemupukan dilakukan dengan cara membuat lubang tidak terlalu dalam disekitar batang tanaman, dengan dosis yang tepat sesuai perkembangan tanaman.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar

Free Blooming Pink Rose Cursors at www.totallyfreecursors.com